wpid-wp-1479859726851.png

​​Pengantar Silaturahmi Jamaah Maiyah Yogya: Sinau ‘Alif Ba Ta Kahanan’

in Redaksi by

Berdasarkan uraian Simbah Muhammad Ainun Nadjib dalam tulisan berjudul Ummat Islam Dijadikan Gelandangan di Negerinya Sendiri, ada beberapa poin penting yang bisa kita ambil. Antara lain kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini dan esok hari. Yakni adanya pihak-pihak yang serakah yang kini berusaha menguasai, bahkan esok hari akan menjajah total NKRI.

Dan untuk menghadapinya, bukan dengan cara gegabah, tanpa perhitungan. Simbah Muhammad Ainun Nadjib menegaskan bahwa perjuangan kita untuk menghadapi hal itu harus dengan jurus jalan panjang. Yakni diantaranya dengan mulai menyusun tradisi budaya kependidikan Ta’limul Islam, Tafhimul Islam, Ta’riful Islam, Tarbiyatul Islam hingga tertradisikan Ta`dibul Islam. 

Berkaitan dengan hal itu, pada acara Silaturahmi Jamaah Maiyah Yogya (24/11) esok, kita memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Yakni mulai belajar mengidentifikasi kembali informasi-informasi apapun itu. Baik informasi yang sudah lama kita percayai maupun informasi-informasi yang lalu-lalang di hadapan kita. Jika informasi tersebut ibarat air, maka kita harus paham betul; mana yang kategori air mutlak, air musta’mal, hingga air yang mutanajis. Sehingga ibarat informasi tersebut digunakan untuk ‘bersuci’, informasi tersebut benar-benar informasi yang ‘suci juga mensucikan’.

Dengan demikian, berbekal hal itu, kita juga bisa mulai menata kembali sikap maupun positioning baik secara individu maupun kesatuan Jamaah Maiyah Nusantara. Untuk itu, kami mengajak kembali sedulur-sedulur dalam acara Silaturahmi Jamaah Maiyah Yogya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*